3 Cara Menginstal Tema WordPress

Salah satu hal paling mengagumkan tentang WordPress adalah ketersediaan ribuan tema. Tema yang dirancang secara profesional memungkinkan Anda mengubah tampilan situs web Anda dalam hitungan menit. Sebagian besar tema modern juga memungkinkan Anda membuat tata letak unik untuk berbagai halaman situs Anda. Dan jika dikodekan dengan benar, tema WordPress dapat membantu Anda mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik juga.

Ada dua jenis tema WordPress – gratis dan premium. Instalasi WordPress default akan datang dengan dua / tiga tema gratis. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya kapan saja Anda mau.

Namun, Anda tidak terbatas pada tema gratis ini saja. Sebaliknya, Anda dapat dengan mudah memasang tema gratis atau premium apa pun yang Anda suka. Sebagai platform yang ramah bagi pemula, WordPress hadir dengan solusi yang sederhana dan mudah untuk memasang tema baru.

Dalam tutorial hari ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menginstal tema WordPress.

Menginstal Tema WordPress Baru

Ada tiga cara untuk menginstal tema WordPress baru –

  1. Menginstal Tema dari Halaman Tema WordPress,
  2. Mengunggah Tema melalui Dasbor WordPress dan
  3. Mengunggah Tema melalui FTP.

Mari kita mulai diskusi kita dengan cara pertama.

Metode 1. Memasang Tema dari Halaman Tema

Dengan cara ini, Anda dapat menginstal tema baru langsung dari halaman tema Anda. Perlu diingat bahwa metode ini hanya berfungsi untuk tema gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.

Pertama-tama, buka Appearance -> Themes from dashboard WordPress Anda. Halaman tersebut akan terlihat seperti berikut –

Selain tema default, ada juga kotak besar ‘Addd New‘. Klik pada kotak itu. Atau, Anda dapat mengklik tombol ‘Add New‘ dari bagian atas halaman. Dalam kedua kasus, Anda akan dibawa ke halaman seperti ini –

 

Layar default akan menampilkan tema unggulan. Anda juga akan menemukan tautan untuk melihat tema populer dan terbaru. Anda juga dapat memfilter pencarian Anda.

Untuk melakukannya, klik tautan ‘Fitur Filter’. Anda akan menemukan opsi untuk memilih warna, tata letak, fitur, dan subjek. Atau, Jika Anda mencari tema tertentu, berikan nama di kotak pencarian dan tekan enter.

Setelah Anda menemukan subjek yang sesuai, arahkan kursor ke tema. Anda akan menemukan tiga opsi – Details & Preview, Install and Preview.

Opsi pertama dan terakhir adalah sama. Mengkliknya akan membuka pratinjau layar penuh tema.

Klik tautan Instal untuk mengunduh tema. Ini akan mengunduh dan menginstal tema di situs web Anda. Anda akan memiliki opsi berbeda untuk melihat pratinjau atau mengaktifkan tema atau kembali ke halaman tema.

Metode 2. Mengunggah Tema melalui Dasbor WordPress

Mari kita lihat cara mengunggah tema dengan menggunakan dasbor. Untuk menginstal tema dalam metode ini, Anda perlu arsip zip dari file tema.

Jika Anda mengunduh tema dari direktori tema WordPress, klik tombol biru ‘Download‘ untuk mengunduh arsip tema yang di-zip. Jika Anda mengunduh tema dari lokasi lain, pisahkan arsip zip dari paket tema.

Sekarang, buka halaman Appearances -> Themes. Klik pada kotak ‘Add New Theme‘‘ atau tombol ‘Add New ‘‘. Di halaman yang dihasilkan, klik tombol ‘Upload Theme‘. Anda akan dibawa ke halaman yang mirip dengan yang berikut –

Klik ‘Choose File‘ dan pilih arsip zip dari tema yang Anda inginkan. Setelah file diunggah, item tersebut akan dipasang secara otomatis. Pada titik ini, Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda akan memiliki opsi-opsi ini – pratinjau atau mengaktifkan tema, kembali ke halaman tema.

 

Method 3. Uploading a Theme via FTP

 

Jika Anda tidak dapat menginstal tema dengan mengikuti metode di atas, ada cara lain untuk menginstal tema WordPress. WordPress memungkinkan Anda untuk mengunggah file tema secara manual. Untuk tujuan ini, Anda akan memerlukan akses ke file server Anda dan harus terbiasa dengan menggunakan klien FTP seperti FileZilla.

Untuk metode ini, Anda perlu arsip zip tema. Saya telah membahas mendapatkan arsip zip dari tema yang Anda pilih di metode sebelumnya.

Namun, metode ini memiliki satu langkah lagi. Ekstrak file arsip di komputer Anda.
Buka klien FTP favorit Anda dan sambungkan ke server web Anda. Masuk ke direktori ‘wordpress’. Dari direktori itu, buka folder ‘konten-wp’. Terakhir, buka folder ‘tema’. Unggah folder tema yang diekstraksi ke folder ‘tema’.

Pastikan semua file disalin dengan benar.

Setelah menyalin semua file ke folder ‘tema’, kembali ke halaman Penampilan -> Tema. Anda akan menemukan tema di sana. Melayang di atas kotak tema akan memungkinkan Anda mengaktifkan atau melihat pratinjau tema.
Kata-kata terakhir

Karena popularitasnya yang tinggi, pengembangan tema WordPress telah menjadi profesi yang menarik. Ratusan tema WordPress baru dirilis setiap bulan. Tidak semua dari mereka mengikuti praktik terbaik pengkodean dan kode profesional.

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.