Cara Menginstall WordPress Secara Manual

Cara Menginstal WordPress Secara Manual – Tutorial Langkah-demi-Langkah

 

Jika Anda seorang pemula dan akan memulai dengan  WordPress, Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda perlu menginstal WordPress di situs web Anda untuk menggunakan platform. Ada berbagai cara untuk menginstal WordPress – cPanel, FTP, Fantastico, SimpleScripts, dll. Namun, Anda juga dapat menginstal WordPress secara manual.

Meskipun tidak apa-apa untuk menginstal WordPress dengan menggunakan installer sekali klik, Anda bisa lebih percaya diri jika Anda tahu cara melakukannya secara manual. Dalam tutorial hari ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal WordPress secara manual.

Langkah-langkah Instalasi WordPress

Sebelum kita dapat memproses menginstal WordPress secara manual, ada beberapa hal yang Anda butuhkan. Mereka –

1. Detail login FTP untuk situs web Anda. Ini diperlukan untuk mengunggah file WordPress ke situs Anda.
2. Klien FTP FileZilla. Anda akan memerlukan klien FTP untuk mengunggah file ke situs web Anda.
3. Akses ke database MySQL. Anda perlu membuat database baru untuk menginstal WordPress.

Sekarang setelah Anda tahu alat apa yang diperlukan, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menginstal WordPress sendiri.

 

Langkah 1: Download WordPress

Pertama-tama, unduh WordPress versi terbaru dari halaman unduhan resmi. Halaman unduhan akan selalu memiliki tombol untuk mengunduh WordPress terbaru. Klik tombol biru berjudul ‘Unduh WordPress …’ dan simpan file zip di desktop Anda.

Ekstrak file zip ke desktop Anda. Pada titik ini, Anda harus memiliki direktori baru berjudul ‘wordpress’ di desktop Anda. Kami akan segera kembali ke folder ini.

Langkah 2: Membuat Database

Pada titik ini, Anda perlu membuat database. Proses ini bervariasi tergantung pada host web Anda. Karena sebagian besar host web menggunakan cPanel sebagai panel kontrol, saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat database dengan menggunakan cPanel.

Pertama-tama, masuk ke cPanel Anda. Dari dasbor cPanel, cari tahu tautan apa saja yang bernama MySQL, Databases, Database Wizard, atau semacamnya. Pergi ke halaman pembuatan database baru.

 

Berikan nama yang sesuai untuk database dan klik ‘Langkah Berikutnya‘. Di halaman berikutnya, buat pengguna basis data dengan memberikan nama pengguna dan kata sandi. Pastikan Anda telah memberikan semua hak istimewa kepada pengguna. Anda dapat melakukannya dengan mencentang kotak ‘All Privileges‘. Dengan langkah ini, Anda telah berhasil membuat database untuk situs WordPress Anda.

Langkah 3: Mengunggah File WordPress

Sekarang setelah WordPress Anda mengunduh dan membuat basis data, Anda siap untuk memulai proses instalasi yang sebenarnya. Untuk proses ini, Anda akan memerlukan klien FTP.

Jalankan perangkat lunak klien FTP favorit Anda dan sambungkan ke situs web Anda. Jika Anda ingin menginstal WordPress di domain utama, buka folder ‘pubic_html‘. Jika Anda ingin menginstal WordPress di folder baru, buat folder dan buka folder itu.

Pada tampilan lokal klien FTP Anda, buka folder ‘wordpress extract yang diekstraksi dari desktop Anda. Unggah semua file dari folder ke folder tab situs web Anda, tempat Anda ingin menginstal WordPress. Pastikan Anda telah mengunggah semua file dengan tepat.

Langkah 4: Mengkonfigurasi WordPress

Sekarang kita sampai pada bagian akhir dari proses instalasi WordPress kita. Jika Anda telah menginstal WordPress di domain utama, buka URL di browser Anda. Jika Anda telah menginstal WordPress di folder lain, URL akan terlihat seperti berikut – www.yoursite.com/your-folder/

Jelas, Anda perlu mengganti bagian ‘situs Anda’ dan ‘folder Anda’ dengan nama domain dan nama folder Anda. Jika semuanya baik-baik saja, Anda harus dibawa ke layar di mana Anda harus memilih bahasa. Setelah memilih bahasa, klik ‘Lanjut’. Anda harus dibawa ke halaman seperti berikut –

Klik tombol ‘Let’s go’. Ini akan membawa Anda ke halaman berikut –

 

Ingat database yang Anda buat beberapa waktu lalu? Masukkan nama basis data itu di bidang Name Nama Basis Data.. Kemudian, berikan nama pengguna dan kata sandi pengguna basis data yang Anda buat saat membuat basis data.

Untuk sebagian besar host web, Host Host Database ‘harus‘ localhost ‘. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan tuan rumah Anda untuk mengonfirmasi hal ini. Setelah semuanya ada, klik ‘Kirim‘. Dari layar berikutnya, klik tombol ‘Jalankan install‘.

Pada titik ini, Anda akan dibawa ke halaman pembuka. WordPress akan meminta beberapa informasi dasar pada halaman ini. Anda dapat mengubah semua informasi ini nanti.

 

Berikan judul untuk situs web Anda. Kemudian, berikan nama pengguna, kata sandi, dan alamat email untuk membuat admin pertama dari situs WordPress Anda. Setelah menyediakannya, klik ‘Instal WordPress‘.

Pada tahap ini, proses instalasi yang sebenarnya akan dimulai. Setelah satu atau dua menit, Anda akan dibawa ke halaman sukses. Klik tombol ‘Masuk’ dari halaman itu. Berikan nama pengguna dan kata sandi, lalu klik ‘Masuk‘. Ini akan membawa Anda ke dashboard WordPress baru Anda dari situs WordPress baru Anda.

Jika Anda dapat mengakses dasbor tanpa masalah, itu berarti Anda telah berhasil menginstal WordPress di situs web Anda. Sekarang Anda dapat melakukan tugas rutin seperti membuat posting atau halaman baru, menginstal tema dan plugin, dll.

Read Next – Essential Settings After Installing WordPress

Akhir Kata

Saya harap Anda sudah memiliki pemahaman yang jelas tentang semua langkah yang dijelaskan dalam tutorial ini. Namun, jika Anda masih bingung tentang langkah apa pun atau hal tertentu yang dibahas di atas, beri tahu saya dengan meninggalkan komentar di bawah. Saya akan mencoba yang terbaik untuk membuat kebingungan Anda.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.